Pengurus IPKB Sumbar Dibentuk

Posted on Juni 19, 2008. Filed under: IPKB, Tidak terkategori | Tag:, |

mejeng barengUntuk lebih mensukseskan program Keluarga Berencana di Sumatra Barat melalui penulisan, dibentuk Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB), Rabu (16/4) lalu.
Terpilih sebagai ketua IPKB Sumbar periode 2008-2013, Arfen Drinata (dari PKBI yang juga juara I lomba penulisan kesehatan reproduksi remaja tahun 2007). Sementara, anggota lainnya dari terdiri dari gabungan jurnalis serta staf BKKBN sendiri.

Ke depan, IPKB Sumbar akan lebih berkonsentrasi pada upaya revitalisasi KB dan mengambil peran proaktif dalam upaya memaksimalkan eksistensinya sebagai salah satu mitra yang strategis di BKKBN. Karena itu, IPKB akan memaksimalkan komunika¬si internal dan antar organisasi sekaligus mengembangkan promosi organisasi secara luas. Programmnya itu lebih diarahkan kepada upaya pencitraan dan penciptaan opini tentang keberadaan dan peran organisasi yang pro-KB.
Pembentukan IPKB tersebut menurut Sekretaris Badan Koordinasi Keluarga Beren¬cana Provinsi Sumatra Barat, Irawati, SH., MH., dilatarbelakangi menurunnya kesadaran Pasangan Usia Subur (PUS) atau masyarakat dalam memasang alat kontrasepsi. Kemunduran program keluarga berencana itu telah berlangsung semenjak tahun 1985 hingga sekarang.
Penyebab kemunduran program KB menurut Irawati yang didampingi oleh kepala-kepala bidang di lingkungan BKKBN Sumbar, Nofrijal, Esna¬lita, Yendrizal Busmar Edisaf dan Kasi Advokasi KIE, BKKBN Sum¬bar, Elfa Zulmaini, S.E., M.Pd, disebabkan kurangnya tenaga penyuluh pelayanan di lapangan. Akibatnya, masyarakat banyak yang tidak mengetahui keun¬tungan mengunakan alat kontrasepsi bagi kesejahteraan keluarga.
Berdasarkan data di BKKBN Sumbar, saat ini keseluruhan petugas lapangan yang ada berjumlah 394 petugas. Sementara sebelum otono¬mi jumlahnya sekitar 743 petugas.
“Karena itu, untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat masih dibutuhkan lebih kurang 300 petugas lapangan lagi,” jelas Kasi Advokasi KIE, BKKBN Sumbar, Elfa Zulmaini, S.E., M.Pd.
Tahun 2008 ini, BKKBN Sumbar memberdayakan para tenaga penyuluh terse¬but dengan memberikan pelatihan, pendidikan, dan orientasi. Disamping itu, dilakukan juga inovasi dalam metode pelayanan yakni dengan menjalin kerja sama dengan tenaga dokter dan bidan dalam hal pemasangan alat kontrasepsi serta kerja sama dengan para jurnalis dalam hal sosialisasi dan advokasi pada masyarakat.
Terkait persoalan dana untuk pelayanan program KB, pemerintah telah mempriotaskannya dalam APBN. Selain itu, untuk pelaksanaan penyuluhan pelayanan program KB sudah cukup banyak. Dana penyulu¬han tersebut berasal dari APBN, APBD dan Dana Aloka¬si Khusus (DAK).
Pembentukan IPKB Sumbar kata Ketua Panitia Etna Estalita, juga bertujuan untuk membangunan dan mempertahankan kemitraan dengan media massa. Sehingga dapat membantu mempengaru¬hi opini publik. Mempertahankan atau menghalangi persepsi publik terhadap mitos ‘banyak anak banyak rezeki’.
Dengan terbentuknya IPKB Sumbar, Kabid Keluarga Berencana Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Sumbar, Nofrijal mengharap¬kan supaya program keluarga berencana bisa mencapai target. Pada tahun 2008, BKKBN Pusat menargetkan Sumbar bisa mencapai 123.000 akseptor KB.
“Hingga saat, BKKBN Sumbar telah mencapai 16 persen dari target tersebut,” tambahnya.

Sejarah IPKB
Sebenarnya, kerjasama antara BKKBN dengan media massa juga telah terjalin semenjak dicanangkannya Program KB Nasional pada 1970-an. Diikuti lahirnya Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) pada 20 Mei 1973, sehingga peran wartawan dan penulis lebih ditingkatkan. Sayangnya, seiring perkembangan zaman di tahun 1985, IPKB seakan hilang ditelan bumi alias mati suri dan tidak terlihat lagi gaungnya.
IPKB didirikan sekumpulan wartawan pemerhati masalah kependudukan dan KB. Antara lain, almarhum Susilo Murti wartawan Kantor Berita Nasional Indonesia (KNI), almarhum H Ngatidjo MW wartawan Beri¬tayudha dan almarhum Mas Tjik Hasanudin wartawan Harian Umum Pelita. Selain meliput kegiatan dalam dan luar negeri, pelatihan penulisan bagi wartawan. IPKB juga telah menerbitkan sekitar 27 buku antara lain, Senyum Untuk Semua yang menulis 25 tahun perja¬lanan KB, buku Penduduk Indonesia ke 200 juta dalam dua bahasa Inggris dan Indonesia, profil Haryono Suyono, profil tokoh-tokoh teladan KB dan profil institusi masyarakat pemerhati KB dan masalah kependudukan.
Untuk menggelorakan kembali semangat arus pemberitaan soal KB di media cetak maupun elektronik, IPKB kemudian menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) dari tanggal 28-30 Mei 2007 di Jakarta. Digelarnya Munaslub, karena nyaris selama hampir 11 tahun baru kembali digelar Munas IV IPKB.
Pada tahun 2007 lalu, IPKB pusat membentuk munas IV di Jakarta. Terbentuk sebagai pengurus pusat IPKB periode 2007 2012 Ketua Umum Bambang Sadono, SH, MH, Ketua I Bidang Program Drs Ipin ZA Husni, MPA, Ketua II Bidang Organisasi Yatim Kelana dan Ketua III Bidang Komunikasi dan promosi Organisasi Drs Addy Susilobudi, Sekretaris Jenderal Heru Subroto dan Wakil Bendahara Sancoyo Rahardjo. Organisasi juga dilengkapi korwil-korwil untuk sewi¬layah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa-Bali dan Korwil NTB, NTT, Maluka, Maluku.
Setelah hasil munas IV di Jakarta tersebut, BKKBN seluruh provin¬si di Indonesia kembali bertekad untuk mengaktifkan kembali IPKB, karena dapat memberikan dampak positif dalam menyajikan informasi kepada masyarakat. Pembentukan tersebut mengingat pentingnya peranan penulis yang mempunyai kepedulian terhadap KB dan kepen¬dudukan, serta seiring pula dengan revitalisasi Program KB Na¬sional, peran dan komitmennya juga perlu disesuaikan dengan perkembangan program kini dan ke depan. Lenggo

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: