Alkon Dapat Cegah Penyakit Kanker

Posted on Juni 22, 2008. Filed under: Kontrasepsi |

SDIATAS MOBIL PELAYANAN-ELAIN bermanfaat untuk mengatur jarak kelahiran anak demi keharmonisan keluarga, pemasangan alat kontrasepsi ternyata juga dapat mencegah penyakit kanker rahim dan payudara.

Seperti dikatakan Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Profesor dr Biran Affandi, SpOG di majalah Tempo beberapa waktu yang lalu, selain dapat mencegah kehamilan, pemilihan alat kontrasepsi ternyata juga dapat mengurangi gejala perut kem¬bung, menghilangkan jerawat, dan memperbaiki suasana hati, menur¬
unkan berat badan dan mengontrol tekanan darah.
Terlebih kandungan dari alat kontrasepsi, terutama alat kontra¬sepsi berbentuk pil, sangat penting karena alat kontrasepsi tersebut yang mengandung drospirenon yang memiliki manfaat lebih.
Sehingga dapat mengurangi risiko kanker endometrium dan kanker indung telur.
Akhir Januari lalu, jurnal medis Lancet memuat hasil studi ter¬baru yang mengungkap pil kontrasepsi bisa mencegah 200 ribu kasus kanker indung telur dan 100 ribu kematian akibat penyakit ini, sejak pil ini diperkenalkan hampir setengah abad lalu.
Pada dekade mendatang, sekitar 30 ribu kasus baru kanker indung telur bisa dicegah tiap tahun berkat pil. Data tersebut merupakan hasil evaluasi terhadap 45 studi di 21 negara yang melibatkan 23 ribu perempuan penderita kanker indung telur dan 87 ribu wanita sehat.
Akan tetapi, dia tidak menampik jika ada efek samping dari penggu¬naan alat kontrasepsi. Dikatakannya, semua alat kontrasepsi yang ada saat ini akan menimbulkan efek berupa kepala pusing dan lemas. Namun, dia menegaskan gejala itu hanya akan dialami pada bulan kedua setelah pemakaian. “Tak ada obat yang tidak memberi¬kan efek samping. Namun, keluhan itu lebih bersifat subyektif, jadi tiap-tiap orang bisa berbeda,” ucapnya.
Sebuah studi lain yang dimuat di Lancet mengungkapkan adanya riset tentang tingginya angka risiko kanker payudara dan serviks serta gangguan sistem pusat sentral di antara pengguna pil KB. Dahulu tahun 1960 sekitar 120 juta wanita di dunia menggunakan pil, 2.002 dan 80 juta di antaranya beresiko kanker payudara.
Namun, setelah diteliti rupanya risiko itu muncul karena dosis estrogen pada pil tersebut pada 1960-an dua kali lipat dibanding 1980-an. Itu berarti formulasi hormon pil KB tahun 1980 hingga sekarang lebih efektif mencegah penyakit kanker payudara
Dengan adanya pemahaman dari Guru besar fakultas Kedokteran UI tersebut hendaknya dapat mengubah presepsi atau animo masyarakat dalam memandang efek negatif dari alat kontrasepsi tersebut, seperti kegemukan dan kekurusan.
Sehingga dapat menekan permasalahan penyakit kanker di Indonesia cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, semenjak tahun 2002, ditemukan hampir 6,7-10,9 juta jiwa meninggal akibat menderita penyakit kanker.
Karena itu disetiap kesempatan Badan Koordinasi Keluarga Berenca¬na Nasional (BKKBN) Sumatra Barat berupaya menjalin bekerja sama dengan Yayasan kanker Indonesia (YKI) Sumatra Barat membahas deteksi dini kanker alat reproduksi dalam bentuk seminar sehari.
Seminar tersebut telah berlangsung Sabtu (26/4) lalu di aula fakultas kedokteran Universitas Andalas. Dalam seminar tersebut, BKKBN juga memberikan pelayanan IUD secara gratis kepada masyara¬kat.
Terkait dengan pelayanan kesehatan reproduksi dalam memasang alat kontrasepsi BKKBN Sumbar siap membantu dan memberikan supportnya betapa pentingnya menjaga kesehatan keluarga. Dengan demikian secara otomatis kaum ibu dan remaja bisa memahami pentingnya memakai alat kontrasepsi untuk mencegah penyakit kanker.
“Dalam momentum tersebut, kami juga memberikan pelayanan KB gratis kepada masyakat.”jelas PLH Kepala Badan Koordinasi Keluar¬ga Berencana Nasional Sumatra Barat, Drs., Sobban Asmuni.
Sementara itu, Ketua I Yayasan Kanker Indonesia, Dr., Sutjahjo Endardjo, MSc., ApPA (K), mengatakan, untuk menanggulangi penya¬kit kanker sangat diperlukan perilaku hidup bersih dan sehat.
“Pola hidup sehat dan bersih tersebut dapat dilakukan dengan cara mengurangi makanan mengandung bahan pengawet dan merokok. Sebab, dengan merokok dapat mempersingkat umur,” katanya. Lenggogeni

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: