2010, BKKBN Luncurkan 1 Juta Kondom Perempuan

Posted on Januari 5, 2010. Filed under: Tidak terkategori |

Pada tahun 2010, BKKBN bakal meluncurkan 1 juta kondom perempuan untuk didistribusikan secara gratis kepada populasi beresiko tertular penyakit menular seksual.

“Untuk meredam laju penularan penyakit HIV/AIDS, untuk tahun 2010 kita uji coba distribusikan 1 juta kondom perempuan terlebih dahulu. Kalau penyerapannya bagus, secara teknis bisa kita tambah lagi,” kata Kepala BKKBN pusat, Sugiri Syarief.

Proses pembagiannya menurut Sugiri tidak secara langsung oleh pemerintah, tapi melalui Lembaga Swadaya Masyarakat pemerhati masalah HIV/AIDS. Kebijakan tersebut merupakan respon dari permintaan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), Nafsiah Mboi kepada BKKBN untuk berpartisipasi menurunkan penyebaran HIV/AIDS yang trennya kini beralih ke perilaku seksual.

Permohonan tersebut didasari atas rendahnya penggunaan alkon, khususnya pada pria di kalangan beresiko. Depkes menyatakan, per 30 September 2009, dari 18.442 kasus HIV/AIDS di Indonesia yang terdata, cara penularan HIV secara kumulatif masih didominasi oleh hubungan seksual, yaitu 49,7 persen melalui hubungan seksual heterogen dan 3-4 persen hubungan seksual laki-laki dengan laki-laki. Sedangkan sisanya, 40,7 persen ditularkan melalui jarum suntik.

Mengenai penyebaran HIV, menurut Nafsiah, memang masih terkonsentrasi pada populasi kuncu, yaitu pekerja seks, pelanggan pekerja seks, laki-laki yang melakukan hubungan seks dengan laki-laki, waria serta pengguna jarum suntik.

“Ini berkat sosialisasi yang tinggi di kalangan penasun. Berbeda dengan sosialisasi kondom yang banyak mendapat resistensi di masyarakat,” ujar Nafsiah menjelaskan. Padahal, jika 80 persen dari 7 juta hingga 9 juta laki-laki pembeli seks patuh memakai kondom, Indonesia bakal selamat dari sebaran penyakit HIV/AIDS.

Sugiri berpendapat, penggunaan kondom memang masih perlu digalakkan karena memiliki fungsi ganda, yaitu mencegah penyebaran HIV dan kehamilan yang tak terencana. Per September 2009, jumlah pengguna kondom untuk peserta baru KB hanya mencapai 58.757.

Angka itu berada di nomor tiga setelah KB suntik sebanyak 302.459 dan pil 186.439. tingginya angka aborsi pada generasi muda yang belum menikah juga menunjukkan bahwa terjadi hubungan seks beresiko di antara mereka. (Lenggogeni dari berbagai sumber)

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: